Jumat, 09 Maret 2012

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah,di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.Selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Kata Borobudur berasal dari ucapan "para Buddha" yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lain adalah bahwa kata Borobudur berasal dari kata barabudur. Bara atau vihara artinya kompleks candi dan budur atau beduhur artinya di atas atau bukit. Jadi, borobudur  dapat diartikan sebagai kompleks candi yang berada di atas bukit.

Candi Borobudur didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Luas bangunan Candi Borobudur 123 x 123 m dan tinggi bangunannya mencapai 34,5 m dan memiliki 1460 relief, 504 Arca Buddha, serta 72 stupa. Borobudur tidak mempunyai ruang-ruang pemujaan seperti yang ada pada candi candi lainnya. Borobudur hanya memiliki lorong-lorong panjang yang merupakan jalan sempit yang hanya dibatasi dinding mengelilingi candi tingkat demi tingkat.Bentuk bangunan tanpa ruangan dan struktur bertingkat diduga merupakan perkembangan dari bentuk pundak perundak yang merupakan bentuk asli dari masa prasejarah indonesia.

Harga tiket masuk Candi Borobudur bagi turis lokal adalah Rp. 15.000 (Senin-Jumat) dan Rp. 17.500(Sabtu-Minggu. Sedangkan untuk turis asing umum adalah 15 US$, dan mahasiswa asing adalah US$ 8.

Pada objek Candi Borobudur terdapat banyak objek menarik untuk dikunjungi seperti museum Samuderaraksa dan museum Karmawibangga. Candi Borobudur juga menyediakan fasilitas lengkap yaitu restaurant, hotel, toko souvenir, pusat informasi dan telekomunikasi, mushola, toilet dan pakir bis yang luas. 
Objek wisata Candi Borobudur sebaiknya dikunjungi pada pagi atau sore hari hari karena panas matahari sangat menyengat sekali pada siang hari dan jauhnya perjalanan dari pintu masuk menuju Candi Borobudur dan jangan lupa untuk membawa handicam atau camera foto untuk mengabadikan momen terindah di Candi Borobudur. 






Nama  : Panca Rahmawati Apriyani
kelas : 1SA05
NPM   : 18611087

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;