Jumat, 16 November 2012

TUGAS 3

1. Apa yang Anda lakukan ketika sedang merasakan kegelisahan?

Jawab:
Kegelisahan berasal dari kata "gelisah" atau yang sering dikenal dengan kata "galau". Diartikan sebagai seseorang yang sedang merasakan khawatir atau cemas, panik, bingung atau dilema, takut, tidak nyaman, tidak tentram. 
Didunia ini pasti setiap manusia pernah mengalaminya, baik dengan secara sering ataupun jarang. Setiap manusia berbeda-beda ketika sedang merasakan gelisah bisa dilihat dari cara sikap atau tingkah laku. Jika manusia yang mempunyai karakter pendiam biasanya sedang merasakan kegelisahan hanya dengan sikap duduk termenung dengan tatapan mata kosong atau melamun, wajahnya murung, berjalan mondar-mandir dan malas berbicara. Sebaliknya jika manusia yang mempunyai karakter periang tidak bisa menahan rasa kegelisahan tersebut yakni dengan cara meluapkan segala emosinya misalnya dengan cara teriak-teriak atau marah-marah.


Sedangkan jika saya sedang merasa kegelisahan yaitu dengan cara :
1. Berdoa
Berdoa kepada Allah dimanapun, kapanpun supaya diberikan petunjuk cara dan diberi jalan yang terbaik. 

2.Shalat Tahajud
Cara ini bisa membuat hati merasa tenang dengan cara shalat di malam hari setelah tidur sejenak. Karena Allah adalah maha segalanya dan percaya pasti diberi kemudahan.

3.Mencurhatkan hati (Curhat)
Salah satu sikap ini juga bisa membantu dalam mengatasi kegelisahan selain curhat kepada Allah bisa juga bercerita masalah kepada Orang Tua, Kakak atau Adik, bahkan teman terdekat sekaligus. Mereka memberi saran atau  solusi membantu saya mempunyai ide mengatasi gelisah.

4.Memperbanyak minum air putih
Jika mengetahui cara yang satu ini pasti heran. Namun cara ini bisa membantu saya memberi suasana hati dan pikiran sedikit lebih tenang setelah memperbanyak minum air putih dari biasanya. 

5.Tidur 
Jika ada masalah saya lebih baik memilih tidur dari pada memikirkan kegelisahan yang tak kunjung selesai. Setelah bangun tidur itu sedikit lupa dengan masalah yang dihadapi. Pikiran lebih sedikit terang dan akan menyelesaikan dengan kepala dingin saja karena merasa lebih tentram.

6.Bercanda atau bercengkrama
Bercanda atau bercengkrama dengan orang yang ada disekitar kita bisa membuat saya terhibur dengan asik tertawa atau mengobrol.

7.Menonton acara televisi yang lucu
Hal ini membantu  meredakan gelisah melihat acara televisi yang lucu seperti menonton acara opera van java, kartun atau film lucu yang lainnya yang bisa tertawa melihatnya akan merasa lupa dengan kegelisahan yang dialami.







2.Apakah yang Anda lakukan tersebut efektif atau tidak? Jelaskan!

Jawab:
Menurut saya hal yang saya lakukan tersebut itu efektif karena saya melakukan hal positif atau bisa diartikan berguna  untuk menyelesaikan masalah saya, tidak merugikan diri saya sendiri, tidak berdampak negatif  yang bisa merugikan diri seperti misalnya mabuk atau bunuh diri sekaligus. 












Nama              :  Panca Rahmawati
Kelas             :  2SA05
NPM               :  18611087
TUGAS 3 Ilmu Sosial Dasar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;